CARA MENGGUNAKAN TEAMVIEWER VIA LAN (Local Area Network).


CARA MENGGUNAKAN TEAMVIEWER VIA LAN (Local Area Network). 

Selamat datang Blogger ,sebelumnya thanks ya udah mampir ke Blog ini dan kali ini saya akan share artikel mengenai Pemasangan TeamViewer via LAN (Local Area Network) atau hanya dengan kabel UTP dan 2 komputer/laptop,sebelumnya Blogger udah tau kan apa itu TeamViewer!! Belum tau? >.< Yaudaaaah siiih dari pada tambah bingung  Oke deh mending simak artikel di bawah ini Check It Out!! 



Apa itu TeamViewer? 
Software ini adalah software yang digunakan untuk mengakses PC secara jarak jauh /melakukan koneksi secara remote dengan kata lain anda bisa mengendalikan komputer lain dari komputer anda, selama komputer tersebut  terhubung dengan internet. 
Apa fungsi dari teamviewer?                                                                                                                                          
1.Remote Support (artinya anda dapat mengakses pc lain secara remote (anda sebagai pengendali) dan dapat melihat layar pc yang sedang anda remote).    
2Presentation(ini kebalikan dari remote support, artinya setelah terjadi hubungan antara 2  komputer maka computer yang melakukan koneksi(awal) akan menampilkan layar monitornya di Pc lain yang di akses)
3.File Transfer
4.VPN   
Nah sekarang Blogger udah tau kan Pengertian dan Fungsi dari TeamViewer itu sendiri? 
Coba kamu bayangkan ,kalo kamu  mengendalikan komputer / perangkat  seluler Android dari jauh seakan-akan kamu pengguna utama yang sedang duduk dihadapannya.wiiih seru kan,Blogger  wajib coba nih!
Adapun  hardware yang harus di persiapkan adalah kabel UTP dan 2 buah Komputer/laptop.

Fungsi Menu – menu pada TeamViewer
1. Simbol “X” : Untuk menutup tool bar yang terbuka.
2. Action : Menu untuk melakukan sebuah Action atau eksekusi pada system.
3. View : Mengatur tampilan tatap muka TeamViewer.
4. Communicate : Menu untuk melakukan chattingan, calling (Telepon), dan video calling (Panggilan Video).
5. File & Extras: Menu untuk melakukan sebuah transfer file antar PC. Opsi tambahan pada Team
    Viewer yang berfungsi untuk mempermudah user dalam mengelola program
6. Full Screen : Untuk melihat program dengan tampilan Full Screen.
7. Simbol “^” : Untuk menyembunyikan tool bar yang terbuka.

 
Berikut cara-cara instalasi aplikasi TeamViewer : 
  •  Buka file TeamViewer_Setup.exe pada laptop lalu Double Klik

  •  Klik Run


  •  Pilih opsi Defaultnya

pilih personal untuk penggunaan sendiri, company untuk penggunaan komersial. Kali ini saya memilih yang personal / Non-commercial use karena digunakan sendiri, Dan proses instalasi saya memilih Basic installation
  • Tunggu sampai proses instalasi selesai, Proses instalasi sudah mulai berjalan dan membutuhkan waktu beberapa menit


  •  Icon TeamViewer sudah terpasang di Desktop anda


  • Jika sudah muncul jendela TeamViewer maka proses installer sudah berhasilSetelah instalasi selesai, maka akan muncul tampilan seperti dibawah. Pada tampilan ini, terdapat tampilan ID dan password , Menu Remote Control dan File Transfer, serta ID partner yang akan digunakan untuk berkomunikasi.

  • Karena kita akan menggunakan TeamViewer via LAN  terlebih dahulu  Setting IP pada kedua komputer untuk komputer pertama saya gunakan alamat IP 192.168.1.1 dan  untuk komputer ke dua gunakan alamat IP 192.168.1.2,setelah IP pada kedua komputer terpasang cek konektifitas antar komputer melalui cmd .saya asumsikan bahwa kedua komputer sudah terhubung dengan baik
 

  • Pilih Extras è Options pada menu Bar yang ada di atas ,maka akan muncul jendela teamviewer options

  • Di Coloum General pada Network settings pilih opsi Accept di Incoming LAN connections klik Ok



  •  Untuk setting password pilih Security dengan cara klik Extras -> Option ->Security


  • Dan akan muncul tampilan berikut Masukan passsword anda ,untuk contoh disini saya akan memberikan pasword 12345 lalu klik OK


  • Pastikan laptop kita dengan laptop pertner yang akan di remote terhubung dengan baik di jaringan LAN ,Masukan “partner ID”  PC yang  akan di remote(Partner ID = “Your ID” yang ada di PC partner.tandai file transfer jika ingin transfer file,dan remote desktop jika ingin mengatur desktop,klik  connect to partner maka akan muncul tampilan berikut



  •  Tunggulah sebentar sampai muncul kotak dialog,dimana kita harus memasukan Password PC partner  Log On


  • Tampilan pada Laptop partner kita yang tertampil pada laptop kita. Kita dapat mengoperasikan laptop partner kita sesuai dengan keinginan (Remote Control). 



  •  Melakukan file transfer antar PC klik file transfer pada toolbar,setelah itu akan muncul kotak dalog seperti di bawah (sebelah kanan milik kita sebelah kiri milik pc partner).

  • Pilih file yang akan di kirim,dan pilih folder dimana kita akan meletakan file tersebut di drive partner kita,contoh disini saya membuat folder baru bernama sharing di drive desktop di pc partner 
  • Lalu klik send dan tunggu beberapa wakktu sampai proses transfer file selesai.


  • Hasil dari file transfer yang sudah berhasil di transfer (cek di pc partner)Jika ingin mengirim file pada PC parner ke PC kita, langkahnya hampir sama.Pilih file pada drive parner, dan pilih dimana kita akan meletakkan file tersebut.Setelah itu, klik “Receive”, dan file berhasil terkirim. 


  •  Chattingan dengan TeamViewer  pilih menu Communicate di toolbar dan pilih Chat                                                                                                                                                                                               


  •  Maka akan muncul kotak dialog seperti di bawah ini dan kita bisa memulai Chattingan dengan patner kita.


  •  Memulai obrolan Video di TeamViewer pilih menu Communicate pilih Video dan kita sudah bisa memulai Obrolan vieo dengan partner kita




Kesimpulan
TeamViewer adalah software yang fungsi utamanya adalah sebagai Remote Desktop (mengendalikan PC lain) via internet. Melakukan remote desktop akan lebih mudah dengan software ini. Mengingat bahwa setting yang diperlukan agar 2 PC bisa saling terhubung hanya memerlukan koneksi internet, dan memasukkan ID dan password PC lawan.
TeamViewer juga bisa melakukan file transfer. Dimana fitur tersebut tidak ada pada remote desktop bawaan dari Windows. Kita juga bisa melakukan chatting, dan video calling dengan TeamViewer. Maka ini akan menambah poin TeamViewer menjadi software remote desktop andalan para pengguna PC.
Sekian artikel dari saya ,semoga bermanfaat bagi blogger yang baru memulai untuk menggunakan software ini kurang lebihnya mohon maaf,bila ada masukan ,kritikan ,saran dan pertanyaan dipersilahkan tulis di kolom komentar,seeyou bye :)


 

Komentar

Postingan Populer